Translate

Rabu, April 08, 2015

POWER RIG


Pengeboran menggunakan power rig


Power rig diperasikan oleh kurang lebih 12-13 orang. Rig ini dapat digunakan untuk mengebor sampai kedalaman 25-30 meter. Mata bor dipersiapkan untuk menembus batuan keras maupun batuan lunak. Perlengkapan yang diperlukan lebih ringan di banding dengan jacro 100. Oleh karena itu cukup efisien, bila digunakan pada daerah dengan relief tinggi (pegunungan). Perlengkapan pengeboran dapat dibagi menjadi: sistem pengankatan, sistempemutar, sistem penggerak dan sistem sirkulasi.  Salah satu jenis power gig adalah Sanz Lite.

Sistem pengangkat
Power irg tidak mempunyai sistem pengangkat dan tidak menggunakan menara bor. Dengan tidak menggunakan menara bor, maka titik shot point yang berada pada lereng aga miring, masih bisa dibor.
Mesin yang digunakan tenaga pemutar, dikemas dalam satu bingkai. Bingkai dirakit dari bahan pipa baja. Bingkai tersebut diangkatdan diturunkan dengan menggunakan tenaga manusia. Pengangkatan bingkai dilakukan saat akan menyambung pipa bor baru atau melepas rangkaian pipa bor.

Sistem pemutar
Sistem pemutar terdiri dari motor honda gx 140, dengan mesin  4 stroke, gear box, swivel, rangkaian pipa bor, mata bor.
Motor honda diatur kecepatannya dengan memperbbesar atau memperkecil gas. Motor honda dihubungkan ke gear bor menggunakan V belt. Gear box mempunyai transmisis yang merobah putaran vertikal dari motor menjadi putaran horizontal. Putaran tersebut digunakan untuk memutar rotary table. Swivel disambung ke drill pipe melalui suatu absorber. Sementara drill pipe disambung ke mata bor melalui hammer sub, rock bit sub. Pipa bor mempunyai diameter 2,5 inchi dan panjang pipa 1,5 meter. Mata bor yang digunakan sama dengan mata bor yang digunakan  rig jacro 100.

Sistem penggerak
Sistem penggerak pada power rig hanya terdiri dari mesin pemutar Honda GX-140 dan mesin pompa lumpur Honda WB-30 X. Mesin dioperasikan oleh juru bor atau tenaga lain yang sudah dipercaya. Mesin ini dilengkapi dengan sistem on/off dan sistem transmisi. Dengan sistem tersebut putaran mesin bisa dihubungkan dengan sistem transmisi atau dinetralkan. Kecepatan putaran transmisi hanya diatur dengan menggunakan gas. Disamping mengoperasikan mesin pemutar, juru bor juga ikut dalam menaik-turunkan sistem bingkai rig power rig.

Sistem sirkulasi
Sistem sirkulasi pada power rig sama denga n sistem rig jacro 100. Lumpur disedot dari bak lumpur, disalurkan ke pipa bor menggunakan selang lumpur. Lumpur akan turun ke dasar  lubang dan naik keataslewat annulus. Dari annulus lumpur muncul dipermukaan tanah dan kemudian dialirkan ke bak lumpur kembali. Pada saluran lumpur bisa dipasang saringan, sehingga  cutting tidak masuk ke bak lumpur. Polusi cutting tidak boleh terjadi, terutama bila batuan yang dibor bukan batuan lempung.
Power rig

Tidak ada komentar:

Posting Komentar