Translate

Rabu, Februari 23, 2011

INTERPRETASI SEISMIK 3D

3.1 WARNA: KONSEP, PENGGUNAAN, DAN PERSEPSI

Penggunaan warna dalam interpretasi seismik telah dimungkinkan melalui pengembangan perangkat lunak workstation canggih. Sebagai warna sifatnya adalah subyektif, penafsir harus bereksperimen dengan skema warna yang berbeda untuk menemukan satu yang paling sesuai dengan dia atau ketika melakukan interpretasi.

Ingat dari Fisika kelas Anda di sekolah bahwa ada tiga warna primer aditif: merah, hijau dan biru, dan tiga warna primer subtraktif: magenta, kuning dan cyan.

Konsep: Hue, kejenuhan dan kepadatan:

Warna dicirikan oleh tiga parameter di atas, yang dapat ditampilkan pada kubus warna (atau tampilan berbentuk lainnya). Memvariasikan tiga parameter akan mengubah warna dirasakan oleh pengamat, dan Anda didorong untuk bereksperimen dengan parameter warna seperti yang diberikan pada perangkat lunak tertentu. Skema yang sesuai dengan satu orang belum tentu sesuai dengan yang lain, sehingga akan ada gunanya untuk merekomendasikan satu skema bagi Anda untuk mengikuti.

• Hue: isi spektral warna
• Saturasi: dinilai dari 0 sampai penuh; mempengaruhi persepsi visual warna
• Kepadatan: skala kontinu grayness (dari putih menjadi hitam)

Kegunaan:
Penggunaan warna primer adalah untuk meningkatkan persepsi visual dari data seismik. Secara khusus, penggunaan warna untuk menunjukkan amplitudo sinyal seismik telah memungkinkan untuk mengkorelasikan respon amplitudo tinggi dengan fitur struktural dan stratigrafi.

skema warna kontras: yang digunakan, misalnya, dalam peta kontur pasti memberikan perubahan warna di batas

Bergradasi skema warna: digunakan untuk menyoroti tren, pola dan kontinuitas, seperti misalnya ketika menafsirkan bagian seismik.

Persepsi:

Sebagaimana dinyatakan di atas, penggunaan warna ini sangat subyektif, dan orang yang berbeda merasa lebih mudah untuk bekerja dengan skema yang berbeda. Karena itu, penulis menemukan bahwa skala abu-abu terus menerus, dengan menggoyangkan ada jejak overlay, sangat baik untuk menafsirkan patahan. Satu-satunya cara untuk mengetahui skema terbaik untuk Anda adalah untuk percobaan. paket interpretasi Kebanyakan perangkat lunak yang tidak hanya memungkinkan Anda untuk memilih apapun pada sejumlah skema standar, namun pada kenyataannya untuk membangun skema warna Anda sendiri dari awal.

3.2 KEMAMPUAN PERANGKAT LUNAK

Ketika memutuskan di mana paket perangkat lunak untuk membeli dan menginstal, kemampuan minimum harus mencakup sebagai berikut:

• otomatis dan manual pelacakan cakrawala pada kedua bagian vertikal dan horisontal.
• Otomatis pelacakan cakrawala spasial dan mengedit seluruh volume 3D
• Korelasi bagian vertikal dengan data dengan baik, termasuk kemampuan untuk menerapkan "meregangkan dan memencet" ke sonik dan / atau seismogram sintetik
• Ekstraksi, sortasi dan manipulasi amplitudo seismik
• Manipulasi peta
• Fleksibel penggunaan warna
• Ekstraksi dan penggunaan atribut seismik


3.3. UNTUK MENDAPATKAN MEMULAI

Ketika menafsirkan volume 3D Anda harus:

• Memahami fase data sebelum menafsirkan
• Gunakan bagian horisontal sebanyak mungkin
• Studi dan menafsirkan bagian horizontal dan vertikal minimum yang diperlukan untuk memilih otomatis
• Gunakan produk cakrawala antara
• Berhati-hatilah dari perataan, jika Anda menggunakan terlalu banyak perataan Anda mungkin akan kehilangan informasi stratigrafi penting, dan Anda mungkin kehilangan kecil-melempar kesalahan
• Kombinasikan interpretasi seismik Anda dengan studi stratigrafi dan reservoir
• Jangan ragu untuk menggunakan keahlian ahli geologi dan insinyur reservoir!


3.4. PENGENALAN POLA MENGGUNAKAN CONTOH 2D

Bagian ini berisi catatan beberapa contoh 2D bagian untuk menggambarkan beberapa fitur stratigrafi dan struktur yang satu perlu mengakui pada bagian seismik.


Di sini kita melihat urutan rifting Jurassic dengan beberapa ketidakselarasan di atas, menandai batas urutan yang pasti. Pentingnya kemampuan untuk mengidentifikasi batas urutan tidak bisa terlalu ditekankan.


Bagian ini menggambarkan masalah yang sering kita hadapi dalam rezim seperti: miskin pencitraan bawah bidang sesar

Contoh ini berisi perangkap  di dalam  kubah garam, ini adalah cerminan dari luar bidang bagian ("sisi-menggesek").cap rock di bagian atas garam yang cukup jelas


Irisan vertikal dari volume data 3D melalui 2 kubah garam yang telah menembus ke permukaan. Perhatikan deformasi parah unit stratigrafi yang berdekatan.

Kemungkinan adanya terumbu dicirikan oleh kurangnya reflektifitas internal, dibaurkan di atas puncak dan petunjuk kecepatan pull-up di bawah



Dalam contoh ini Anda bisa melacak sejumlah listric, atau melengkung, kesalahan normal. Mereka tampaknya satu-satunya di bagian serpih tebal

Ini slice 3D waktu diberikan di sini untuk menggambarkan penggunaan irisan waktu untuk mengidentifikasi sistem saluran dalam pandangan rencana. Hal ini juga menunjukkan penampang dari dua kubah garam, terlihat dalam ilustrasi sebelumnya dalam irisan waktu vertikal dari volume data.


3.5. INTERPRETASI STRUKTUR

Pada saat Anda siap untuk melakukan interpretasi struktural diasumsikan bahwa Anda telah belajar untuk mengenali berbagai pola pada bagian seismik, khususnya kesalahan, baik normal (termasuk kesalahan listrik dan pertumbuhan) dan sebaliknya. Kesalahan diidentifikasi oleh pemotongan peristiwa, baik bagian vertikal dan horizontal.

Prosedur dasar adalah sebagai berikut:

• Mengidentifikasi kesalahan besar dalam kubus data. Menafsirkan dan menentukan poligon salahmu. Pastikan Anda mengidentifikasi kesalahan Anda dengan benar melalui volume data. Anda mungkin menemukan bahwa kesalahan segmen yang telah Anda awalnya diidentifikasi sebagai yang terpisah dan unik dalam segmen kenyataan pesawat kesalahan yang sama sehingga kembali penamaan dan konsolidasi mungkin diperlukan.
• Dalam blok (terbesar) kesalahan utama, cakrawala peta menggunakan bagian horizontal. Kontur yang digambar di bagian horizontal pada interval kontur yang diinginkan.
• Ketika blok kesalahan pertama adalah ditafsirkan memuaskan, kemudian kembali ke bagian vertikal untuk menghubungkan seluruh kesalahan.
• Setelah menghubungkan seluruh pesawat kesalahan menafsirkan blok kesalahan kedua, dan seterusnya.


Cross - korelasi kesalahan

Masalah yang dihadapi semua penafsir adalah bagaimana untuk mengkorelasikan di pesawat kesalahan (atau di suatu fitur lain yang mengganggu urutan sedimen). Ada beberapa teknik yang dapat digunakan:

• berhubungan data seismik dengan sumur bor di kedua sisi kesalahan (metode terbaik!!)
• berkorelasi atas dasar isochrons
• berkorelasi berdasarkan karakter seismik

Dua yang terakhir harus dilakukan bersama-sama. Ingat aturan utamanya: interpretasi Anda dan memang hubungan Anda di geologis kesalahan harus dipertahankan.


Penggunaan irisan waktu

irisan Waktu dapat dihasilkan oleh sebagian besar paket perangkat lunak interpretasi yang baik. Anda mungkin perlu untuk memiliki prosesor seismik Anda menghasilkan irisan yang diperlukan akan dimuat ke dalam proyek workstation anda. Apapun berarti Anda harus menggunakan, penting untuk menentukan nomor yang benar irisan, yang dihasilkan pada interval yang tepat. Untuk melakukan hal ini Anda harus memeriksa bermigrasi data untuk isi frekuensi. Anda perlu memastikan bahwa Anda menghasilkan potongan yang cukup melalui zona yang menarik untuk melihat detail yang diperlukan.

Setelah Anda punya waktu irisan yang dihasilkan, maka Anda dapat menggunakannya untuk kontur cakrawala Anda langsung pada layar. Perhatikan bahwa, jika Anda bergulir ke bawah dalam waktu, sebuah antiklin akan menghasilkan kontur yang menjadi bertahap lebih besar dengan diameter; sinklin akan muncul dalam mode berlawanan.


 
Berurusan dengan reflektor miskin

Apakah setara 3D cakrawala siluman? Jika Anda tahu di mana cakrawala target Anda, tetapi tidak sendiri merupakan reflektor yang baik sehingga Anda tidak dapat melihat dengan baik, pilih reflektor di atas tujuan yang diinginkan, yang sejalan tujuan sedekat mungkin. Waktu reflektor ini. Kemudian tambahkan waktu yang tetap terhadap reflektor Anda telah memilih, untuk membuatnya lebih dekat ke tujuan. Setelah Anda melakukan itu, maka menggunakan sumur dan bagian vertikal untuk memperkirakan koreksi yang diperlukan untuk cakrawala objektif. Interpolasi antara titik-titik kalibrasi untuk menghasilkan peta koreksi akhir.


Penggunaan isochron yang

Hal ini sangat umum untuk memetakan dalam waktu - yaitu, untuk memproduksi struktur waktu (atau struktur kedalaman) peta. Namun dalam melakukannya Anda berisiko menghasilkan struktur waktu untuk sesuatu yang tidak nyata. Anda harus mampu menunjukkan bahwa struktur Anda telah memetakan benar-benar ada pada saat itu bahwa migrasi hidrokarbon sedang berlangsung. Dengan kata lain, Anda harus mampu menunjukkan bahwa perangkap ada waktu untuk diisi dengan hidrokarbon. Untuk melakukan ini, Anda harus membuat isochron (atau isopach) peta.

Prosedur dasar untuk memilih reflektor terkenal, muda dalam usia dari cakrawala bunga, dan untuk menghasilkan peta perbedaan waktu antara horizon marker dan cakrawala yang Anda minati. Dalam melakukan ini, Anda akan menghasilkan peta cakrawala Anda yang akan menunjukkan struktur yang nyata dan ada pada saat pengendapan cakrawala penanda Anda. Dengan cara ini Anda harus dapat berhubungan mekanisme menjebak ke waktu pembuatan hidrokarbon dan migrasi.

Cara cepat untuk memeriksa validitas struktur waktu adalah dengan menggunakan sepasang pembagi dan memeriksa isochron di atas struktur bunga. Jika ada isochron menipis maka Anda dapat mengasumsikan bahwa struktur waktu adalah memang nyata.




 
3.6. Stratigrafi INTERPRETASI

interpretasi stratigrafik melibatkan kemampuan untuk mengenali pola-pola tertentu pada bagian seismik dan berhubungan mereka untuk perubahan geologi. Beberapa elemen dasar adalah pengakuan dari:

• Shale bagian: ditandai dengan reflektifitas sangat sedikit - sebuah "tenang" zona pada bagian seismik.
• Sandy bagian: amplitudo yang lebih tinggi reflektifitas.
• Banjir permukaan: pengakuan on-pangkuan
• Urutan batas: pengakuan on-putaran, turun-lap, dan pemotongan
• ketidakselarasan dan disconformities (biasanya menandai batas urutan)
• Terumbu: dicirikan oleh tirai, kurangnya reflektifitas internal dan mungkin kecepatan pull-up di bawah
• Saluran: dicirikan oleh tirai, akomodasi, dan dalam 3D irisan waktu atau melihat cakrawala slice, liku
• Garam: lagi, ditandai dengan kurangnya reflektifitas internal, distorsi dari sedimen di sekitarnya, patahan di atas, dan mungkin kehadiran batu topi. Pengolahan di sekitar garam dapat membuktikan menjadi pusing karena kecepatan besar kontras ini.

Sebagian besar contoh-contoh stratigrafi diilustrasikan dalam bagian kedua dari catatan "Pengenalan Pola"

• Cubit-out: sebagai tempat tidur tipis, sehingga resolusi vertikal menjadi lebih problematis. Salah satu indikasi menipis adalah peningkatan amplitudo pada ketebalan tuning, di luar unit yang cenderung menghilang. Sayangnya penulis tidak memiliki contoh seismik yang baik untuk menunjukkan fenomena ini.

The "alat interpretasi" untuk mencari adalah:

• Fase perubahan: perubahan fase lateral selama beberapa jejak stack sering indikator dari suatu perubahan fasies. Hal ini juga dapat menunjukkan perubahan dalam porositas atau konten cairan.
• Perubahan bentuk wavelet: tepi tempat tidur tipis mungkin ditunjukkan dengan "bahu" tepat di atas atau di bawah puncak wavelet (tergantung pada polaritas bagian). Ingat diskusi tentang resolusi vertikal.
• Pengaruh tuning (disebutkan di atas)
• Perubahan dalam amplitudo: perubahan lateral dalam amplitudo selama beberapa jejak dapat hasil dari perubahan fasies, porositas perubahan, atau perubahan isi cairan.

Penggunaan hak warna juga penting dalam penafsiran stratigrafi. Jangan over-jenuh bar warna Anda, karena Anda mencari perubahan halus yang Anda tidak ingin terlalu kuat tertutup oleh warna.

Salah satu alat yang paling kuat dalam penafsiran stratigrafi adalah potongan waktu, karena ia dapat menggambarkan fitur dilihat hanya dalam lintas-bagian pada irisan vertikal (contoh yang baik menjadi contoh saluran diberikan dalam bagian kedua). pola Fault sekitar kubah garam sering dapat dengan mudah dilacak pada waktu slice.

 
Interpretasi stratigrafi di hadapan struktur:

Pertimbangkan situasi di mana Anda telah menafsirkan prospek struktural, mendefinisikan kesalahan dan menafsirkan cakrawala. Pada cakrawala yang menarik, Anda melihat anomali amplitudo atau beberapa bukti lain dari fitur stratigrafi. Bagaimana Anda menafsirkan dan mengikuti fitur?

Prosedurnya adalah sebagai berikut:

• Ratakan volume data pada cakrawala kepentingan
• Gunakan perangkat lunak interpretasi untuk menghasilkan irisan waktu data
• Perlahan-lahan slice turun melalui cakrawala bunga (yaitu pada tingkat cakrawala ditafsirkan). Anda kemudian harus dapat menafsirkan fitur yang menarik.



 
3.7. KEDALAMAN IMAGING

Topik pencitraan kedalaman benar harus ditangani dalam program yang terpisah dengan sendirinya. Untuk tujuan kursus ini kita akan membahas secara singkat generasi gambar kedalaman dari data waktu. Pastikan terlebih dahulu bahwa perangkat lunak Anda memiliki kemampuan untuk menghasilkan peta kedalaman dari bagian waktu.

Kunci untuk menghasilkan gambar kedalaman adalah program pemodelan kecepatan. Memiliki model kecepatan yang baik sangat penting. Anda harus mempertimbangkan sangat hati-hati apa data kecepatan Anda harus bekerja dengan. Sumber terbaik adalah tentu saja baik dengan survei cek-shot, atau bahkan lebih baik, VSP.


Single model kecepatan:

Gambar kedalaman paling sederhana, meskipun tidak begitu akurat, yang dihasilkan dengan kecepatan tunggal. Teknik ini menggunakan kecepatan rata-rata dari permukaan ke cakrawala yang bersangkutan, dan waktu satu arah, untuk menghitung kedalaman untuk cakrawala lengkap. Dengan tidak adanya informasi yang baik maka Anda dibatasi untuk menggunakan kecepatan stacking dari penampang seismik itu sendiri. Ini adalah inheren metode yang paling akurat untuk digunakan.


Interval kecepatan model (kue lapis):

Dalam hal ini, model yang lebih akurat, Anda mengidentifikasi lapisan di bagian yang Anda dapat menurunkan kecepatan interval dari informasi baik Anda. Dengan sumur yang cukup di daerah Anda juga dapat menangani perubahan kecepatan lateral.

Teknik dasarnya adalah untuk menentukan kecepatan dari lapisan pertama, bersama dengan waktu satu cara untuk cakrawala pertama, dan menghitung kedalaman itu. Anda kemudian melanjutkan, lapis demi lapis, sampai Anda telah mencapai cakrawala bunga.


Pra-stack migrasi kedalaman:

The imaging (dan terbaik) kedalaman akhir ini tentu saja pra-stack migrasi kedalaman, yang proses nya yang akhirnya mencapai geofisika menafsirkan sebagai kenyataan. Sekali lagi, validitas proses hanya sebagai baik sebagai model kecepatan.

Hal ini penting untuk mengkalibrasi kedalaman gambar yang Anda hasilkan. Peta kedalaman harus cocok dengan kedalaman cakrawala di setiap sumur yang menembus cakrawala dipetakan.


 
3.8. ATRIBUT

Atribut klasifikasi didasarkan pada jumlah yang cukup terbatas diturunkan informasi dasar dari kompleks trace seismik:

• Waktu: memberikan informasi struktur
• Amplitude: menyediakan informasi stratigrafi dan reservoir
• Frekuensi: belum sepenuhnya dipahami, tetapi dapat memberikan informasi lebih lanjut stratigrafi dan reservoir
• Atenuasi: belum digunakan tetapi mungkin di informasi hasil masa depan pada permeabilitas.

Perhatikan bahwa semua ini adalah pasca-stack atribut. Utama pra-stack atribut yang digunakan saat ini adalah yang berkaitan dengan sudut kejadian (maka sumber-penerima offset), dengan kata lain efek AVO.



3.9 Referensi

Referensi untuk bahan ini adalah Interpretasi Seismik Tiga-Dimensi Data oleh Alistair R. Brown, diterbitkan oleh AAPG tersebut. Teks ini harus menjadi referensi standar bagi siapa saja melakukan interpretasi 3D.


2 komentar:

  1. ada nga ya tranik seismik 2D dan 3D di indonesia untuk interpretasi stratigrafi dan striktur .kalau ada mohon infonya di kikigeos.gk@gmail.com. trma kasih sebelumnya.

    BalasHapus