Translate

Minggu, April 12, 2015

BATUAN INDUK

Agar minyak dan gas Bumi dapat terbentuk dan tersimpan dalam perut Bumi untuk kemudian ditemukan oleh manusia, dibutuhkan syarat-syarat tertentu. Syarat-syarat itu di antaranya:
  1. Terdapatnya batuan induk atau source rock, yaitu batuan sedimen yang mengandung material organik
  2. Adanya migrasi, yaitu proses berpindahnya minyak dan gas Bumi yang terbentuk di source rock menuju lapisan resorvoir
  3. Adanya batuan resorvoir yang merupakan batuan sedimen berpori, sehingga minyak dan gas Bumi dapat tersimpan di daerah tersebut
  4. Adanya perangkap minyak dan gas Bumi atau yang biasa disebut oil trap, yaitu bentukan yang menyebabkan minyak dan gas Bumi terperangkap di dalamnya
  5. Terdapatnya batuan penutup yang merupakan batuan sedimen kedap air, yang menyebabkan minyak dan gas Bumi tidak bisa keluar lagi sampai saatnya ditemukan oleh manusia.
 Ada beberapa pengertian dari batuan induk ataupun sorce rock yaitu sebagai berikut :
  1. Batuan induk (Source rocks) adalah batuan sedimen berbutir halus yang memiliki kapabilitas sebagai sumber hidrokarbon (Waples, 1985)
  2. Pengertian batuan induk adalah batuan sedimen yang sedang, akan, atau telah menghasilkan hidrokarbon (Tissot and Welte, 1984 vide Peter and Cassa, 1994).
  3. Source rock adalah batuan karbonat yang berasal dari zat-zat organic yang terendapkan oleh batuan sedimen. Sehingga tidak terjadi siklus carbon seperti selayaknya. Justru karbonat terendapkan dan menjadi batu
Dalam geologi minyak bumi, batu mengacu pada batuan sumber dari mana hidrokarbon telah dihasilkan atau mampu dihasilkan. Mereka membentuk salah satu elemen penting dari sebuah kerja sistem petroleum . Mereka adalah organik sedimen yang kaya yang mungkin telah disimpan dalam berbagai lingkungan termasuk laut air dalam, lakustrin dan delta . serpih minyak dapat dianggap sebagai source rock organik kaya tapi belum matang dari mana minyak sedikit atau tidak telah dihasilkan dan dikeluarkan.
Batuan induk (source rock) diklasifikasikan dari jenis kerogen bahwa mereka mengandung, yang pada gilirannya mengatur jenis hidrokarbon yang akan dihasilkan :
a. Tipe 1 batuan sumber terbentuk dari alga masih diendapkan di bawah anoksik kondisi di dalam danau : mereka cenderung menghasilkan minyak mentah lilin ketika diberikan stres termal selama penguburan yang mendalam
b. Tipe 2 batuan sumber terbentuk dari plankton laut dan bakteri tetap dipertahankan dalam kondisi anoxic di lingkungan laut: mereka menghasilkan baik minyak dan gas ketika termal retak selama penguburan dalam.
c. Tipe 3 batuan sumber terbentuk dari bahan tanaman darat yang telah diurai oleh bakteri dan jamur dalam kondisi oxic atau sub-oxic: mereka cenderung menghasilkan sebagian besar gas dengan minyak ringan terkait ketika termal retak selama penguburan dalam. Kebanyakan serpih bara dan hitam legam umumnya Tipe 3 batuan sumber.
Semua batuan induk tersebut berpotensial memproduksi minyak dan gas kecuali tipe III yang khusus memproduksi gas.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar