Translate

Rabu, April 08, 2015

COMPRESSOR RIG



Compressor rig dioperasikan kurang lebih 15-18 orang. Rig ini dapat digunakan untuk mengebor sampai kedalaman 30 meter. Mata bor dpersiapkan untuk menembus batuan keras saja. Perlengkapan yang dibuthuhkan mempunyai  berat yang setara dengan rig jacro 100. Compressor rig tidak bisa digunakan pada batuan lunak seperti lempun. Rig cocok untuk dioperasikan pada daerah batugamping. Compressor rig sering dioperasi dengan menggunakan menara jacro 100. Perlengkpan pengeboran dapat dibagi menjadi, sistem pengankat, sistem pemutar, sistem penggerak dan sistem sirkulasi.

Sistem pengangkat
Struktur pendukung dapat digunakan perlengkpan  dari jacro 100. Terdiri dari skid base atau folding base, dan Mast dan tripod (menara bor). Cara pengangkatan menggunakan tenaga hidrolis dari jacro 100.

Sistem pemutar
Sistem  pemutar terdiri dari, rotary table, rangkaian pipa bor dan mata bor. Rotari table menggunakan tenaga hidrolik dari jacro 100. Rotary table akan memutar rangkaian pipa bor, yang diteruskan ke mata bor. Pipa bor bor mempunyai diameter 2.5 inchidan dengan panjang pipa 2 meter.mata bor yang digunakan berupa tricone bit, hammer bit ataupun mata bor modifikasi. Tricone bit yang digunakan, hanya jenis untuk batuan keras. Mata bor yang sering dipakai modifikasi denga mata bor buatan sendiri. Terdiri dari sebuah tabung besi yang dilekatkan gigi gigi tungsten carbite dengan cara pengelasan.

Sistem penggerak
Motor penggerak yang digunakan adala mesin compressor. Satu kompresor dapat digunakan untuk menggerakan tiga compressor rig. Kompresor demikian sangat efisien untuk daerah operasi yang memiliki jaringan jalan yang baik. Kompresor tidak perlu diturunkandai mobil, yang diparkir ditepi jalan. Dari kompressor dipasang selang-selang ke tempat operasi compressor rig. Selang demikian panjangnya bisa mencapai 3 km. Bila digunakan kompresor yang besar tenaga yang dibutuhkan menjadi sangat sedikit. Satu kompressor rig bisa dioperasikan oleh 10 orang tenaga kerja. Namun demikian untuk daerah remote area, kompresor yang digunakan berukuran kecil. Satu kompresor hanya bisa digunakan untuk satu kompresor rig. Kompresor ini digunakan untuk sistem pengankat, sistem pemutar dan pompa lumpur. Kompresor dilengkapi dilengkapi dengan safety valve, yang akan dapat menetralkan tekanan, bila telah berlebih.

Sistem sirkulasi
Sistem sirkulasi mempunyai tiga elemen meliputi, lumpur pengeboran, bak lumpur dan sistem sirkulasi. Pada kompresor rig digunakan lumpur yang dibuat deterjen dan air campuran deterjen dan air akan menjadi Foam. Dari bak foam, lumpur didorong menggunakan kompressor ke bagian dalam dari pipa bor. Aliran foam turun ke dasar lubang dan naik keataslewat annulus. Didasar lubnang, aliran foam akan mengangkat cutting dibawakepermukaan tanah. Dipermukaaan tanah cutting dibuang pada bak penampung cutting. Bila cutting terdiri dari batuan lempung ia tidak akan bisa terangkat. Bak lumpur merupakan bak permanen, yang dibuat dari drum oli atau bak yang dibuat oleh pabrik pembuat kompresor rig.
Jacro 100 pada compressor

Kompressor

Foam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar