Translate

Rabu, April 08, 2015

FLUSHING UNIT

Flushing unit penggunaaannya terbatas untuk, membersihkan lubang bor yang cave in, pengeboran di daerah gambut, pengeboran di daerah pasir. Kedalaman bisa mencapai sekitar 30-40 meter. Flushing unit dioperasikan oleh kurang lebih 5-8 orang. Mata bor terdiri dari besi spiral atau mata bor yang dirancang khusus untuk menangkap pasir. Panjang mata bor sekitar 40 cm. Pembahhasan flushing unit akan mencakup, sistem pengankat, sistem pemutar, sistem penggerak dan sistem sirkulasi.

Sistem pengangkat
Flushing unit tidak mempunyai sistem pengankat dan tidak memiliki menara. Untuk menyambung dan mengankat rangkain pipa bor digunakan tenaga manusia. Pada flushing unit, tidak digunakan mesin sama sekali. Stang bor mempunyai panjang 3 meter, terdiri dari besi yang tidak berlubang.pada kedua ujung stang bor dilengkapi dengan ulir negatif dan ulir positif.untuk mengankat rangkaian pipa, batang pipa dijepit menggunaka kunci trimo/pipa. Bila masih dangkal  stang bor diangkat oleh 2 tenaga manusia. Bila sudah dalam, untuk mengankata stang bor diperlukan sampai 3-4 orang.

Sistem pemutar
Putaran stang bor hanya dilakukan menggunakan tenaga manusia. Stang bor dijepit menggunakan kunci pipa/ trimo dan dengan menggunakan kunci tersebut stang bor di putar. Untuk memutar digunakan tenaga manusiadengan cara mendorong kunci pipa, searah dengan jarum jam.  Bila pemutaran teras berat, lengan kunci pipa pemutar bisa diperpanjang menggunakan pipa besi.

Sistem penggerak
Flushing unit tidak mempunyai sistem penggerak, semua kegiatan dilaakukan menggunakan tenaga manusia.

Sistem sirkulasi
Sistem sirkulasi tidak dimiliki oleh flushing unit. Sistem sirkulasi digunakan utamanya untuk menaikan cutting. Sementara pada flushing unit, cutting akan melekat pada mata bor dan akan dinaikan keatas tiap 40 cm.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar