Translate

Kamis, April 09, 2015

GUDANG BAHAN PELEDAK



Penyimpanan Bahan Peledak
Penyimpana bahan peledak yang memenuhi persyaratan sangat penting. Bahan peledak harus aman dari orang-orang yang tidak berkepentingan. Hal ini untuk menjamin dari bahaya peledakan tidak disengaja.
Bahan peledak bukan merupakan barang yang tahan lama untuk disimpan. Bahan peledak tidak than terhdap temperatur dan kelembapan yang tinggi. Cara penegepakan oleh pabrik sudah diatur untuk dapat memberikan perlindungan maksimum terhadap kelembapan.
Persedian bahan peledak harus selalu dipakai menurut urutan tanggal pembuatan dan tanggal penerimaannya. Hal ini akan mencegah menumpuknya persediaan lama dan membantu memastikan bahwa bahan peledak tersebut dalam keadaan baik. Begitu kemasan dibuka isinya, harus dipakai dengan penundaan yang sesingkat mungkin. Apabila bahan peledak tidak dipakai seluruhnya, pada hari yang sama, kemasan aslinya harus dilipat kemblai dan kemasannya ditutup untuk memberikan perlindungan yang semaksimal mungkin bagi isinya. 


Syarat umum penyimpananan bahan peledak (gudang handak):
1.    Bangunan-bangunan untuk menyimpan bahan peledak harus terletak pada jarak aman dari tempat pemukiman.
2.    Gudaang bahan peledak harus berada pada jarak yang aman dari gudang-gudang yang berisi bahan-bahan yang mudah terbakar.
3.    Semua bangunan yang berisi bahan peledak harus dibangun sedemikian rupa sehingga bangunan tersebut tidak bisa dimasuki dengan paksa. Bangunan tersebut harus terdiri dari dua ruangan. Satu ruangan untuk pemasukan dan pengeluaran bahan peledak, sementara ruangan yang lain digunakan untuk penyimpanan bahan peledak. Pada dinding dan lantai yang terdapat didalam bagi dalam, tiidak boleh ada besi atau baja yang menonjol. Pintu baja harus dicat agar tidak ada logam yang terbuka. Semua pengancing, kunci, engsel dan lain-lain harus dirancang sedemikian rupa sehingga tidak dapat dibuka oleh orang-orang yang tidak berwenang.
4.    Semua bangunan penyimpanan harus dilengkapi dengan penangkal petir (5 ohm) yang efisien, kecuali bangunan untuk menampung dengan jumlah yang kecil (>25 kg).
5.    Bangunan-bangunan yang berisi bahan peledak perlu dilindungi dengan tanggul tanah setinggi 2 meter.
6.    Detonator  tidak boleh disimpan bersama-sama dengan bahan peledak lainnya. Bangunan yang terpisah atau bangunan tambahan untuk tempat penyimpanan bhan peledak diperlukan untuk menyimpan detonator.
7.    Bangunan tempat penyimpan bahan peledak harus dijaga 24 jam, dan tidak dilarang untuk menyimpan material yang lain.
8.    Tidak boleh mengeeluarkan isi bahan peledak dari kemasan atau selongsongnya dadalam ruangan gudang.
9.    Gudang bahan peledak sedapat mungkin ditempatkan pada tanah yang kering dan dengan sistem pembuangan airlimbah yang baik.
10. Tindakan pencegahan terhadap kebakaran harus diambil dengan cara melarang orang merokok, membawa korek api dan tidak boleh adanya bahan-bahan dari besi. Memeperhatikan kebersihan gudang serta tidak diperbolehkan adanya pasiratau kerikil halus.
11. Gudang handak harusdilengkapi oleh satu pintu masuk dan semua pintu harus diatur agar membuka keluar.
12. Ventilasi gudang harus baik dan kemasan harus ditumpuk dengan jarak yang cukup dari dinding agar sirkulasi udara baik.
13. Perawatan gudang handak harus diperhatikan agar gudang tetap baik, inspeksi secara berkala untuk mengetahui keadaan gudang dan persediaannya.
14. Dibuat secara lengkap tentang persediaan bahan peledak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar