Translate

Minggu, Agustus 01, 2010

Pemasangan Instrumen Recording (Sercel SN408XL)


A. Pemasangan Instrumen 2D
Labo dihubungkan ke lintasan dengan menggunakan kabel transverse. Kabel transverse dari Labo dihubungkan dengan LAUX yang berada di lintasan. Apabila kabel transverse dihubungkan di port right transverse di Labo, maka pada LAUX kabel transverse tersebut dihubungkan ke port left transverse dan demikian juga apabila dilakukan hal sebaliknya. Kemudian LAUX akan terhubung dengan kabel link FDU melalui port High Line dan Low Line. Port high line terhubung ke trace besar sedangkan low line terhubung ke trace kecil.
Di setiap 10 kabel link atau sama dengan setiap 40 trace atau FDU dari LAUX dipasangan LAUL. Sebenarnya jumlah FDU maksimal adalah 60 FDU dengan panjang kabel antar FDU 30 m, 48 FDU dengan jarak kabel antar FDU 55 m, dan 40 FDU jika panjang kabel antar FDU 75 m. Namun dengan bertambahnya usia dari kabel dan instrumen yang lain maka kerakteristik tersebut akan berkurang. Maka untuk menghindari kegagalan pada saat perekaman maka kita menggunakan parameter yang berada di bawah kemampuan maksimal instrumen.
Apabila LAUX tidak tersedia, maka posisi LAUL dapat digantikan dengan LAUX tetapi sebaliknya kita tidak dapat menggantikan fungsi LAUX dengan LAUL.

Pemasangan instrument pada survey 2D
B. Pemasangan Instrumen 3D

Pada perekaman 3D terdapat lebih dari satu lintasan yang aktif pada satu titik tembakan. Dalam satu lintasan dibutuhkan minimal satu buah LAUX. LAUX berfungsi untuk menghubungkan lintasan yang satu dengan lintasan yang lain, dan juga burfungsi untuk menghubungkan Labo ke kabel di lintasan. Koneksi antar lintasan melalui port Left Transverse dan Right Transverse pada LAUX, kabel yang digunakan adalah kabel transverse.
Lintasan-lintasan pada perekaman 3D adalah sejajar dan jarak antar lintasan adalah sama antara lintasan yang satu dengan yang lainnya.
Yang perlu untuk diperhitungkan adalah jumlah channel aktif maksimal. Kabel transverse mempunyai kemampuan maksimal untuk 2000 channel aktif. Sedangkan satu line mempunyai kemampuan 1000 channel aktif.


Channel aktif maksimum


Pemasangan instrument pada survey 3D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar