Translate

Senin, April 20, 2015

Tahapan Digitasi On Screen Menggunakan AutodeskMap 2004

Beberapa waktu yang lalu saya dikirimi sms oleh seorang teman yang isinya minta tolong untuk menuliskan tahapan digitasi on screen menggunakan AutodeskMap 2004. Setelah cukup lama permintaan itu belum bisa saya penuhi, akhirnya ketika ada teman saya yang lain minta tolong untuk mendigitasi sebuah Peta Administasi, maka langkah-langkah digitasi on screen menggunakan AutodeskMap 2004 ini sekalian saya buat juga. Yah sekali action dua permintaan tolong akhirnya terpenuhi, inikali ya yang disebut sekali mendayung dua pulau terlampaui. Nah agar ilmu ini bermanfaat untuk teman-teman lain yang sedang membutuhkan juga, maka saya berinisiatif untuk memuatnya di blog ini.
Kalimat pembukanya kok jadi panjang yah…Maap. Langsung saja ke tahap-tahap digitasi dibawah ini ya:
1. Buka Program AutodeskMap 2004
2. Klik menu Insert → Raster Image
3. Pilih gambar/ foto/ citra/ peta hasil scanning yang akan didigitasi → Klik Open
4. Setelah muncul tampilan seperti Gambar dibawah ini, pada bagian Insertion point biarkan saja terisi angka 0, pada bagian Scale isi dengan angka 1, dan pada bagian Rotation isi dengan angka 0. Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini:

5. Klik menu View → Zoom → Extents, untuk menampilkan gambar tepat ditengah-tengah layar
6. Klik menu Format → Layer
7. Buat layer baru untuk masing-masing objek yang ada pada gambar, misalnya layer sungai, layer jalan, dan layer bidang. Untuk membuat layer baru klik command New → Ketikkan nama layer → pilih warna dan jenis garis → Klik command OK
8. Aktifkan layer yang akan didigitasi → Memulai digitasi
9. Setelah semua obyek yang ada di gambar didigitasi, langkah selanjutnya adalah melakukan proses Rubber Sheet, adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: Klik menu Map → Tools → Rubber Sheet
Base Point 1 : isikan koordinat pada gambar atau klik sebuah titik pada gambar (lihat Gambar dibawah)
Reference point 1 : isikan dengan koordinat sebenarnya di lapangan

Base Point 2 : Masukkan titik kedua; Reference point 2 : Masukkan koordinat sebenarnya di lapangan (lihat Gambar dibawah)

Base Point 3 : masukkan koordinat acuan yang ketiga; Reference point 3 : koordinat ketiga sebenarnya
Base Point 4 : masukkan koordinat acuan yang keempat; Reference point 4 : koordinat keempat sebenarnya
Base Point 5 : masukkan koordinat acuan yang kelima; Reference point 5 : koordinat kelima sebenarnya
Base Point 6 : masukkan koordinat acuan yang keenam; Reference point 6 : koordinat keenam sebenarnya
Base Point 7 : masukkan koordinat acuan yang ketujuh; Reference point 7 : koordinat ketujuh sebenarnya
Base Point 8 : masukkan koordinat acuan yang kedelapan; Reference point 8 : koordinat kedelapan sebenarnya
Tekan Enter
Ketik : select → blok semua objek → View → Zoom → Extents 10. Tahapan digitasi selesai. Adapun yang perlu menjadi catatan adalah mengenai proses Rubber Sheet. Sebenarnya jumlah titik yang dijadikan acuan tidak harus delapan titik karena menggunakan minimal dua titik pun kita sudah bisa melakukan proses Rubber sheet. Akan tetapi berdasarkan penelitian, menggunakan minimal delapan titik menjadikan peta hasil digitasi lebih mendekati koordinat sebenarnya.
Sebelumnya saya mohon maap tutorial ini dibuat tidak terlalu detil dan bukan untuk yang belum tahu dasar-dasar menggunakan AutodeskMap. Jika ada teman-teman yang ingin mendiskusikan artikel ini saya persilahkan meninggalkan komentar. Demikian semoga bermanfaat.
Gambar diambil dari www.indocdshop.com dan koleksi pribadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar