Translate

Jumat, Mei 11, 2012

PEREKAMAN SEISMIK


Workshop Labo
Semua kegiatan perbaikan dan penyedian peralatan recording berada di tempat ini. Setiap peralatan recording keluar dan masuk di catat oleh invetory workshop labo. Bila peralatan rusak di perbaiki oleh kru cable repaire, yang dimonitori oleh seorang chiep workshop.
Kabel dan geophone dibersihkan kemudian di ceks sebelum distribusikan





kebel yang rusak diperbaiki
Pengecekan kabel di workshop sebelum dikirim ke lokasi bentangan
Blaster


 

Setelah semua peralatan recording sudah lengkap dan selesai diperbaiki bila rusak. Peralatan tersebut kemudian didistribusikan kesemua kru yang berada di lapangan/lintasan. Pengedropan kabel fdu, geophone, battery, dan peralatan lainnya kadangkala sangat sulit karena factor medan yang berat dan tidak adanya akses jalan menuju lokasi ke lintasan.
Didalam operasional recording/perkaman data banyak melibatkan buruh, jumlah kru yang dibutuhkan diseuaikan dari channel aktif bentangan dan target shot setiap harinya. Medan yang ekstrim kadangkala jug menentukan jumlah kru yang dibutuhkan. Adapun susunan kru yang dibutuhkan didalam perekaman data tersebut adalah: kru bentang/lay out, kru bangkit/pick up, kru rojok/planting hole, kru battery/telepon, kru shooter, kru redrill, kru labo, kru river cross/crossing road, kru stop noise, dan  kru rotasi. Ditambah beberapa staff recording seperti coordinator recording, mandor besar, hse, medic, dan inventory.


 Kru bentang
Kru bentang membentangkan kabel dan geophone

 Kru bangkit
Kru bangkit mengambil kabel dan geophone yang tidak digunakan untuk perekman lagi

 Kru rojok
kru rojok bekerja menanamkan geophone


 Kru shooter
kru shooter siap untuk meledakan explosive yang sudah tertanam di lobang



Kru river cross



kru crossing river, membentangkan kabel di atas sungai




Kru crossing road



kru crossing road, memasang tiang untuk membentang kabel di jalan.


 Kru rotasi (mendistribusikan kabel dan geophone)

kru rotasi, mendistribusikan peralatan ke posisi pengedropan.


Pengorganisasian yang baik adalah kunci dalam suksesnya operasional recording, seismologist merencanakan lintasan yang akan direkam. Sedangkan observer yang mengerjakan perekaman tersebut berkoordinasi dengan observer line, shooter, dan coordinator recording. Seismologist memberikan support untuk perekaman tersebut berupa program tembak, elevasi lintasan, sketch line, sps, rps, dan xps. Seorang observer harus mampu mengorganisasi kru dilapangan, berkomunikasi dengan baik dan menetukan semua aktivitas recording di lintasan. Seorang observer tidak hanya bisa menggunakan alat rekam (sercel) namun juga harus berkelakuan baik terhadap semua kru dan patner kerja didalam operasional tersebut.



observer memantau semua aktivitas kru di lintasan

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar